Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 18 Juli 2014

ANALISIS SERAT CANDRARINI DAN KAITANNYA DENGAN SERAT WULANG WANITA



ANALISIS SERAT CANDRARINI DAN KAITANNYA DENGAN SERAT WULANG WANITA
Disusun Untuk Melengkapi Tugas Mata Kuliah
Telaah Puisi Jawa Tradisioanal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Disusun oleh:
Nama      : Yoke Ana Marlina
NIM        : 2601411062
Rombel  : 3


JURUSAN BAHASA DAN SASTRA JAWA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2012

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Indonesia mempunyai ratusan karya satra lama yang pada hakekatnya adalah cagar budaya nasional. Serat piwulang merupakan salah satu hasil karya sastra yang banyak ditemukan di wilayah Jawa. Serat yang merupakan hasil karya pujangga keratin ini berisi berisi nasihat atau wejangan yang ditujukan kepada putri dan putra raja, para wanita, para istri, dan lain sebagainya.
Serat Candrarini yang akan dibahas dalam makalah ini merupakan salah satu contoh serat piwulang yang ditujukan kepada para istri. Didalam Serat Candrarini terdapat wejangan bagi istri untuk untuk menyikapi suaminya yang melakukan poligami. Selain Serat Candrarini, penulis juga membahas tentang Serat Wulang Wanita. pertanyaan yang dapat muncul adalah, adakah hubungan antara kedua serat tersebut? Apakah manfaat serat piwulang tersebut? Masalah-masalah tersebut akan dibahas dalam makalah ini.
1.2  Rumusan Maslah
1.      Apa isi Serat Candrarini?
2.      Bagaimana hubungan antara Serat Candrarini dengan Serat Wulang Wanita?
3.      Apa manfaat serta piwulang tersebut?
1.3  Tujuan
1.      Menjelaskan isi Serat Candrarini.
2.      Menjelaskan hubungan antara Serat Candrarini dengan Serat Wulang Wanita.
3.      Menjelaskan manfaat serat piwulang.







BAB 2
PEMBAHASAN
2.1  Isi dan Terjemahan Serat Candrarini
Serat Candrarini dikarang oleh seorang pujangga yang bernama Raden Ngabehi Ranggawarsita, atas perintah Pakubuwana IX. Serat ini berisi wejangan dan ajaran untuk para istri bagaimana menyikapi masalah poligami yang dialaminya.
Berikut kutipan Serat Candrarini pupuh Sunim 1-13:
1.      kang hagnya gita sri nata
ing Surakarta nagari
Pakubuwana ping sanga
Mangun wasitaning estri
Ingkang cinitreng ari
Respati tanggal ping pitu
Jumadilakir wulan
Kanem BBe Sangkeleng warsi
Piyarsakna trusing kang sabda narendra
2.      liring kang wiyata arja
ujar ugering pawestri
kang winayuh dennya karma
 yogya ngupakareng dhiri
majrenih merdiweni
wiwida ganda rum-arum
rumarah ngadi warna
winor ing naya mamanis
mangesthia ing reh cumondhonging karsa
3.      awit jenenging wanodya
pegat dennya palakrami
anistha kadarma nira
wigar denira dumadi
sami lan mangun teki
kang badhar subratanipun
punggel kaselan cipta
marma sagunging pawestri
marsudia widadaning palakrama
4.      den kadi duk jaman purawa
garwanta sang Pandhu siwi
kang kocap laying wiwaha
lilima ayu linuwih
tiga putrining aji
kang kalih atmajeng wiku
pantes dadya tuladha
estri kang kanggeping karma
SUMBADRA
Winursita dyah lima candraning warna
5.      kang sepuh Wara Sumbadra
saking Mndura nagari
atnaja Sri Basudewa
ing warna ngresepke ati
sumeh kang netra lindri
pasaja ing driya tangguh
semu kurang budaya
awijang dedeg respati
kuning wenes labete among kepama
6.      tan pati ngadi busana
mangu kadung yen lumaris
etmia arang ngendika
tan regu semune manis
lirih tanduking angling
lumuh ing wicara sendhu
amot mengku aksama
tuhune pribadi pinrih
setya priya datan lenggana sakarsa
7.      mring maru kadi sudara
rumesep tan walang ati
sanadyan kurang budaya
legawa anrusing batin
winong wong widadari
lebet kadangira Wisnu
marma sang Dananjaya
pamengkune semu erring
marunira anggepe sami nyuwita
8.      myang raka Sri Baladewa
miwah Prabu Harimurti
kalangkung ing tresnanira
marang Dyah Banoncinawi
kadang estri setunggil
kapisah panggenanipun
mila tansah anduta
wau sng narendra kalih
tanya warna mring sang renta madubranta
9.      garwa ingkang paneggak winarni
apaparab Dewi Manohara
saking pratapan wijile
putranira sang wiku
Manikhara ingkang palinggih
Wukir Tirtakawama
Ing warna pinunjul
Kadi gambar wawangunan
Netra njait anteng pamulune manis
Yen paes wimbuh endah
10.  nadyan ngusut yekti maksih manis
wanda luruh kang bahu awijang
maya-maya sawangane
amardapa ngunguwung
kuning wenes asemu wilis
lir hyang pudhak sinurat
katon warnanipun
tan pae pipindhanira
andakara katawenging ima nipis
rumamyang amradipta
11.  anyunari ingkang sitaresmi
kuciwaning pan among samatra
dene lugas gegelunge
ananging maksih mungguh
sara ramping sranduning dhiri
marmanta kurang madya
ing pambukanipun
lir tawon gung kang gumana
lambungira satata amilangoni
kadya sekar kintaka
12.  lathi ndhamis anggula sathemlik
rekta kadya kang manggis karengat
kengis dening wiragane
waja amiji timun rentet rapat ing pucuk kuning
kumilat wor wicara
weh kesar kang ndulu
sarwa lus sasolahira
yen amesem iriban arang kaeksi
sinamun angandika
13.  tembung arum rumaket amanis
tandukira angangayuh driya
bisa nuju ing karsane
priya myang marunipun
pinapangkat dennya ngladeni
susila anor raga
sepi ing piyangkuh
enget trahing dwijawara
betah nglapa karem ing bansa ngastuti
(Serat Candrarini, pupuh Sinom)
Isi kutipan Serat Candrarini, pupuh Sinom adalah sebagai berikut:
      Serat ini ditulis atas perintah Pakubuwana IX pada hari kamis, bulan Jumadillakhir, tahun 1796. Beliau mengutarakan bahwa istri yang dimadu oleh suaminya hendaknya merawat diri dengan selalu memakai wangi-wangian, merias diri dan bertingkah laku yang baik. Sejatinya seorang wanita apabila berpisah dengan suaminya  maka nistalah dia, karena hal itu menunjukkan ia tidak bisa menjalankan kewajibannya. Oleh karena itu seorang istri harus menjaga perkawinannya dengan setulus hati. Seperti diceritakan di dalam serat wiwaha, pada jaman dahulu arjuna memiliki lima istri yang cantik jelita. Tiga istrinya adalah putri raja, sedangkan dua yang lain adalah putri pendeta. Kelimanya pantas dijadikan teladan bagi para istri.
      Istri yang pertama adalah Sumbadra, putri Sri Basudewa yang berasal dari negara Mandura. Wajahnya sangat menyenangkan hati. Murah senyum, mata sipit, berhati teguh, jujur dan perawakannya tegap. Sumbadra selalu berbusana rapi layaknya seorang putri. Ketika berjalan, terlihat anggun dan berwibawa. Sumbadra adalah seseorang yang yang tidak banyak bicara, tidak angkuh, serta ketika bertingkah dan berbicara selalu ia lakukan dengan halus dan hati-hati. Bersifat pemaaf dan setia terhadap suaminya. Sumbadra telah menganggap madunya sebagai saudara sendiri karena ia telah ikhlas menerima suaminya berpoligami.
      Istri Arjuna selanjutnya adalah Dewi Manohara putri pendeta Manokhara yang berasal dari gunung Tirtawakama. Matanya sipit dan berwajah manis dan akan terlihat semakin cantik jika ia berias diri. Walaupun wajahnya sedang bersedih, tetapi ia masih terlihat manis sekali. Namun, terdapat satu kelemahan, yaitu gulungan rambutnya kurang rapi. Meskipun begitu masih terlihat pantas. Manohara memiliki tubuh yang amat ramping, bibirnya kecil berwana merah seperti manggis yang merekah. Polah tingkahnya amat sangat anggun. Giginya seperti biji timun, kecil, rapat berjajar dan kemilau. Manohara seorang yang pendiam , namun tingkahnya selalu bisa menyentuh hati, termasuk suaminya dan madunya. Manohara juga bersifat sopan, rendah hati dan tidak angkuh.
2.2  Hubungan antara Serat Candrarini dengan Serat Wulang Wanita.
Serat Wulang Wanita merupakan salah satu dari kumpulan serat yang terdapat pada buku serat Wira Iswara karangan Pakubuwana IX. Pada dasranya Serat Wulang Wanita sama dengan serat Candrarini, yakni sama-sama diperuntukkan kepada para wanita dan berisi wejangan agar wanita atau istri dapat bertingkah laku sacara benar, artinya sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat, serta dapat melayani suaminya dengan baik. Perbedaannya yaitu Serat Candrarini membahas wejangan untuk istri, terutama dalam masalah poligami. Berikut ini inti Serat Wulang Wanita pupuh Dhandhanggula:
Sejatinya seorang istri harus mengabdi dan patuh lahir dan batin kepada suami. Tidak lupa patuh kepada ibu dan ayah, karena hal itulah yang menjadi penyebab rasa cinta suami kepada istri. Kemudian seorang perempuan harus waspada dan jangan berpikiran buruk. Hal ini dikarenakan dapat merusak nalar menjadi tidak bening dan menjalar ke seluruh tubuh. Sehingga menyebabkan rasa enggan untuk patuh kepada ayah dan ibu. Patuh itu wajib, karena sudah menjadi kewajiban bagi semua makhluk ciptaanNya. Seorang wanita juga harus dapat menjaga rahasia dirinya.
Kutipan Serat Wulang Wanita pupuh Dhandhanggula 1-5:
1.      murweng sarkara nata sung wangsit
mring sagunging wanita kang samya
winengku marang priyane
kudu manut sakayun
ngayam-ayam karsaning laki
lelejema mrih rena
karanane iku
dadi jalaraning tresna
ning wong priya yayah guna lawan dhesti
pasthine mung elingan
2.      away linglung leleng ora eling
lalu lina: lalabaning lara
badan tumekeng atine
titi tan mikir wuruk
angrurusak budi tan wening
nangsaya mring sarira
ras-arasen nurut
wulanging bapa lan biyang
yekti pentes tinurut jer iku dadi
jalaraning tumitah
3.      tetepa natar tamtuning estri
pan pinetri wawadining badan
dadi tartip iku rane
tartip tegese urut
runtut titis wajibing estri
titis bener tegesnya
nering driya iku
ywa liya mring lakinira
reh-arahen: ywa arda driya den manis
ulat wijiling sabda
4.      dadi kanggo tinurut ing laki
jer ta sira miturut tur awas
marang karsaning lakine
nor raga dadi iku
marmaning hyang asih mring dasih
sumingkir duka cipta
iku adatipun
abet labuhaning kuna
kang kasusra: wanita kanggo ing laki
yogya linaluria
5.      myat ing solah myang karsaning laki
kira-kira mrih reseping karsa
dadi timbang mrih perlune
laki kongasing kalbu
bungah lengah-lengah kang estri
tinurt kasembadan
tan cuwa tyasipun
lir taru katiban warsa
ngrembaka ron kembang pentile andadi
tentrem tan walang driya
(Serat Wulang Wanita pupuh Dhandhanggula 1-5)
2.3  Manfaat Serat Piwulang
Serat piwulang merupakan karya sastra lama yang mempunyai beberapa manfaat, diantaranya:
2.3.1     Sebagai wejangan atau nasihat
Serat piwulang berisi nasihat untuk para putri, putra, wanita dan atau istri. Dengan adanya wejangan ini dapat membentuk karakter sesuai dengan nilai dan norma yang berkembang di dalam masyarakat. Serat Candrarini dan Serat Wulang Wanita, misalnya, berisi wejangan kepada istri bagaimana cara melayani suami.
2.3.2     Menggambarkan kehidupan masa lampau
Segala sesuatu yang ditulis dalam serat piwulang merupakan penggambaran kehidupan dimana serat tersebut dibuat, sehingga dapat diketahui pada jaman itu unggah-ungguh atau etika selalu dijunjung tinggi. Termasuk etika dalam memperlakuka suami dan patokan wanita untuk bertingkah laku secara tepat seperti yangterdapat pada Serat Candrarini dan Serat Wulang Wanita.
2.3.3     Dapat dinikmati nilai estetikanya
Serat piwulang merupakan salah satu karya sastra yang mengagumkan. Hal ini dikarenakan, mengingat kehidupan masa lalu dengan segala keterbatasannya yang jauh bila dibandingkan dengan jaman sekarang. Para pujangga dengan pikirannya dapat membuat suatu karya yang mengandung nilai  estetika tinggi. Kata-kata diolah sedemikian rupa dengan mempertimbangkan unsure guru lagu, guru wilangan, dan guru gatra. Akan tetapi walaupun mengandung nilai estetika yang tinggi, karya tersebut tetap mengandung wejangan atau piwulang.
2.3.4     Memberi wejangan kepada para wanita tentang apa yang menyebabkan suami semakin jatuh cinta kepada istri
Dalam Serat Wulang Wanita telah dijelaskan bahwa “jalaraning tresna” atau hal yang menyebabkan suami jatuh cinta kepada istri adalah seorang istri harus mengabdi dan patuh kepada suami, serta patuh kepada ayah dan ibu.
2.3.5     Memberi wejangan kepada para wanita, bahwa hendaknya seorang wanita dapat menjaga rahasia diri
Dalam Serat Wulang Wanita juga dijelaskan bahwa wanita hendaknya menjaga rahasia diri. Hal ini dikarenakan agar hidupnya menjadi tertib, serta sudah menjadi kewajiban wanita untuk  menjaga rahasia diri.
2.3.6     Memberi wejangan kepada para wanita agar menerima keputusan suami yang berpoligami
Dalam Serat Candrarini telah dijelaskan bahwa seorang istri harus menerima keputusan suaminya yang berpoligami. Seorang istri juga harus tetap mengabdi kepada suaminya dan harus rukun dengan madunya.





BAB 3
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
Kesimpulan dari makalah ini adalah Serat Candrarini berisi wejangan kepada para istri, terutama dalam hal poligami. Serat Candrarini berhubungan dengan Serat Wulang Wanita, yaitu berisi wejangan cara bersikap dan bertingkah laku yang baik dan benar bagi para wanita. serat piwulang memiliki beberapa manfaat, diantaranya, sebagai wejangan atau nasihat, dapat menggambarkan kehidupan dimasa lampau, dapat dinikmati nilai estetikanya, menjelaskan cara agar suami jatuh cinta kepada istri, menjelaskan hendaknya wanita dapat menjaga rahasia diri dan member wejangan kepada wanita agar menerima setulus hati keputusan suami yang ingin berpoligami.
3.2   Saran
Penuis memberikan saran kepada para membaca agar mengaplikasikan wejangan-wejangan yang ada di dalam Serat Candrarini dan Serat Wulang Wanita dalam kehidupan sehari hari. Hal ini diharapkan agar tercipta kehidupan berumah tangga yang tentram dan sejahtera.

















DAFTAR PUSTAKA

Pakubuwana IX.a.b.Hardjana HP.1979.Serat Wara Iswara.Proyek penerbitan Buku Bacaan dan Sastra Indonesia dan Daerah:Jakarta
Widada, dkk.2005.Kamus Basa Jawa(Bausastra Jawa).Kanisius:Yogyakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar